Skip to main content
Menu

Tips Bagi yang Berminat Meniti Karir di Bagian Administrasi

Tips Bagi yang Berminat Meniti Karir di Bagian Administrasi

Pekerjaan sebagai staf administrasi mungkin profesi yang cukup dikenali sebagian orang. Staf administrasi adalah profesional yang bertanggung jawab

Baca Juga

Pekerjaan sebagai staf administrasi mungkin profesi yang cukup dikenali sebagian orang. Staf administrasi adalah profesional yang bertanggung jawab untuk mendukung fungsi administratif dalam suatu organisasi.

Tips Bagi yang Berminat Meniti Karir di Bagian Administrasi

Mereka melakukan berbagai tugas yang berhubungan dengan pengelolaan informasi, dukungan kantor, dan koordinasi antara departemen atau tim. Peran ini bisa sangat bervariasi tergantung pada ukuran dan jenis organisasi.

Jika Anda berminat meniti karir sebagai staff administrasi, ada beberapa hal yang akan mendukung kesuksesan Anda. Ikuti beberapa tips berikut ini supaya kinerja Anda mendapat apresiasi dari rekan dan atasan:

1. Menjaga hubungan dengan rekan kerja

Sebagai orang yang akan memainkan peran kunci dalam operasional sehari-hari, menjalin hubungan yang baik dengan rekan sesama divisi, beda divisi, senior, junior, dan atasan adalah yang penting untuk dilakukan.

Saat menjaga hubungan baik, pekerjaan Anda akan semakin mudah, karena Anda bisa bekerja sama dalam mengerjakan tugas apapun dengan cepat.

2. Buatlah target jam kerja

Penting bagi Anda untuk membuat target atau jadwal kerja yang jelas, contohnya dengan melakukan follow up di pagi hari, menyelesaikan penyusunan file di sore hari, dan sebagainya. Cara ini efektif membuat semua pekerjaan lebih terorganisir dengan baik sehingga tidak ada tugas yang terlewatkan.

3. Menguasai aplikasi komputer dengan baik

Menjadi staf administrasi minimal Anda harus bisa Ms. Word, Excell, Power point, editing, dan aplikasi khusus yang disediakan perusahaan. Sebagai staff, Anda harus terbiasa menggunakan Microsoft Office karena pekerjaan Anda tidak akan terlepas dari software ini.

4. Buat jadwal yang efektif

Akan banyak sekali pekerjaan yang perlu diselesaikan dalam satu hari. Setiap harinya, pekerjaannya akan selalu berkaitan sehingga perlu dibuat jadwal supaya tidak ada yang ketinggalan dan terlupakan.

5. Gunakan pakaian rapi namun nyaman

Saat bekerja pastikan untuk menggunakan alas kaki dan pakaian yang nyaman dan memudahkan pekerjaan. Fotokopi, cetak dokumen, menyimpan, meneruskan ke bagian lain dan sebagainya bisa diselesaikan meski harus berjalan kesana kemari.

Anda bisa menemukan kesempatan bekerja di bidang ini dengan mengunjungi situs pencarian kerja seperti Olx dan mencari informasi mengenai posisi administrasi. Informasi mengenai lowongan kerja sebagai staf administrasi tersedia lengkap dan akurat.

Persyaratan dan kisaran gaji yang diberikan pemberi kerja baik individu maupun perusahaan juga dicantumkan di lowongan kerja, agar orang yang melamar adalah mereka yang memang sesuai kualifikasi.

Tidak perlu terburu-buru melamar pekerjaan, lihat dan perhatikan semua informasi yang ada di sana, jika Anda memiliki pertanyaan, biasanya ada nomor telepon atau email yang disediakan pemberi kerja.