Skip to main content
Menu

Sedih! Iklan Adsense Membuat Ruang Kosong di Halaman Blog!

Sedih! Iklan Adsense Membuat Ruang Kosong di Halaman Blog!

Siapa yng tidak ingin memiliki blog dan menampilkan iklan adsense disetiap halaman blog tersebut? Pasti semua blogger atau yang ingin menjadi blogger

Baca Juga

Siapa yng tidak ingin memiliki blog dan menampilkan iklan adsense disetiap halaman blog tersebut? Pasti semua blogger atau yang ingin menjadi blogger memiliki satu tujuan yang sama yaitu iklan adsense tampil disetiap halaman blog! Akan tetapi untuk menampilkan iklan yang satu ini, butuh usaha yang tidak mudah...

Sedih! Iklan Adsense Membuat Ruang Kosong di Halaman Blog!

Sampai saat ini, meskipun tidak serame zaman sebelum covid melanda, keberadaan iklan adsense sangat sakral yang harus didapatkan oleh hampir semua pemilik blog. Mereka sangat percaya kalau layanan yang satu ini bisa memberikan penghasilan yang sangat besar hanya dengan menampilkan iklan di halaman blog atau website mereka.

Bahkan saking ngebetnya untuk segera menghasilkan sebagai penayang iklan (publisher) adsense ini, banyak cara-cara ilegal yang dilakukan. Mulai dari saling klik, klik tersembunyi atau auto klik dengan menggunakan script, dan bahkan sampai berbayar menggunakan iklan Facebook!

Semua cara-cara tersebut pasti pernah dilakukan khususnya oleh para blogger bandel yang biasanya hanya untuk mendapatkan uang dengan cepat dari adsense ini. Dan target blognya juga bukan untuk Indonesia, karena zona asia yang satu ini minim sekali pendapatan per kliknya!

Itulah sisi kelam dari publisher adsense, apakah aktivitas mereka diketahui oleh Google atau nggak, saya tidak tahu. Karena saya tidak peduli dengan semua itu, yang saya harapkan dari layanan ini untuk merubah sedikit aturan pada layanan adsensenya, khususnya untuk publisher.

Iklan Adsense Membuat Space Kosong di Halaman Blog!

Apanya yang harus dirubah? Saya memang tidak punya wewenang untuk mengatur tampilan atau pun memberikan saran ke Google terkait iklan adsense ini. Mereka punya aturan sendiri, aturan yang mereka buat pastinya lebih diprioritaskan ke advertiser atau pengiklan daripada ke publisher, penayang iklan.

Jika kamu ingin menjadi seorang publisher tidak perlu neko-neko atau aneh-aneh, cukuplah kamu bikin blog yang baik, artikel yang menarik, artikel yang tidak plagiat alias harus original, dan blog yang sesuai dengan aturan Google Adsense. Jika semua itu dilakukan, yakinlah kamu akan cukup lama untuk menghasilkan uang dari adsense!

Ketika blog kamu sudah diterima sebagai publisher adsense atau penayang iklan, tentunya harapan terbesar kamu adalah iklan akan selalu tampil disemua halaman blog. Ternyata tidak! Tidak semua kode iklan adsense yang sudah dipasang di beberapa tempat di halaman blog menampilkan isi iklan.

Kok Bisa Seperti itu?

Bisa saja, penyebab utama ketika blog sudah diterima 100% sebagai publisher dan ternyata iklan tidak tampil adalah artikel tidak relevan dengan iklan yang akan ditampilkan. Apakah ini kesalahan pemilik blog?

Tentu saja bukan kesalahan pemilik blog, tapi script adsense yang terbatas untuk menampilkan iklan-iklan yang ada di data base mereka. Contohnya seperti ini, ketika ada advertiser yang mengiklannya sebuah produk mesin sawah dan artikel blog tentang kesehatan, tentu saja iklan tidak akan tampil di halaman artikel tersebut.

Kenapa iklan tidak tampil? Karena tidak ada relevansi antara isi artikel dengan iklan adsense yang akan ditampilkan. Sehingga yang terjadi adalah hanya ada ruang atau space kosong yang tampil di halaman blog atau halaman artikel tersebut.

Inilah salah satu kekurangan iklan adsense untuk blog penayang iklan. Ketika iklan tidak tampil, banyak space atau ruang kosong yang membuat tampilan blog tidak bagus. Apalagi jika script iklan ditempatkan di kolom atau widget yang besar, maka ruang kosong juga akan besar mengikuti lebarnya iklan yang seharusnya tampil.

Jika banyak ruang kosong yang tampil, selain tidak nyaman untuk dilihat, seakan-akan blog tersebut belum selesai dibuat atau masih dalam proses menampilkan sesuatu yang membutuhkan loading sangat lama.

Padahal penempatan iklan-iklan disetiap halaman blog itu merupakan tempat-tempat yang akan membuat pembaca atau pengunjung blog akan melakukan klik atau lokasi yang sangat strategis yang bisa membuat aktivitas klik pada iklan tersebut.

Mengatasi Ruang Kosong di Halaman Blog

Apakah ada solusi untuk menghilangkan ruang atau space kosong karena iklan adsense tidak tampil? Tentu saja ada. Agar halaman blog tidak menampilkan ruang-ruang kosong atau space kosong karena iklan, caranya adalah dengan tidak memasang kode iklan ditempat atau tersebut, dimana widget atau kolom untuk iklan lebih baik dikosongkan.

Apakah ada cara lain? Ada, caranya adalah berdoa dengan baik agar Google Adsense memperbaiki kode script iklan adsensenya, jika iklan tidak muncul maka kode script akan otomatis tidak menampilkan iklan dan tidak membuat ruang kosong yang tidak berguna.

Dengan memperbaiki kode script ini, kedua belah pihak sama-sama diuntungkan. 3 keuntungan untuk blog jika kode script iklan tidak berjalan atau tidak tampil yaitu:

  1. Loading blog tetap maksimal.
  2. Halaman blog tidak menampilkan kode error dalam script console.
  3. Halaman blog atau artikel tidak menampilkan ruang kosong.

Bagaimana dengan iklannya sendiri? Terserah Google Adsense yang mengaturnya, kan mereka yang menilai sejak awal blog atau website diajukan. Mereka yang menyetujui kalau blog sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang mereka buat dan blogger sendiri juga sudah berusaha untuk mematuhi aturan tersebut. Hasilnya? Blog mereka disetujui menjadi penayang iklan atau publisher adsense.

Dari sini juga perlu digarisbawahi, ketika blog sudah diterima menjadi penayang iklan, itu artinya semua iklan adsense seharusnya sudah bisa tampil di halaman blog. Kenyataannya tidak, masih banyak blog-blog receh yang menjadi penayang iklan ternyata iklan tidak tampil secara maksimal disemua halaman blog.

Relevansi

Iya, relevansi memang sangat amat dibutuhkan untuk menampilkan iklan yang serupa dengan isi artikel atau blog. Jika relevansi ini dipertahankan, 99% kemungkinan iklan akan tampil disemua halaman blog atau website.

Tapi ada banyak iklan adsense yang tampil di halaman blog meskipun artikel blog tidak relevan dengan isi iklan tersebut. Terutama web-web besar yang begitu banyak memiliki space iklan dengan berbagai tampilan iklan yang berbeda-beda. Apakah itu tidak akan meruginakan para advertiser atau pengiklan?